SELAMAT DATANG DI AYO BELAJAR ....OLEH MAD SOHEH ?

ayo belajar: CHATTING

Selasa, 02 Februari 2010

CHATTING

CHATTING

chatting adalah tukar menukar kata berupa pesan secara online melalui ketikan keyboard atau media lainnya. Dengan kata lain chatting berkomunikasi melalui ketikan secara online. Media yang digunakan Komputer, HandPhone, dll.
Saat ini banyak software yang disediakan perusahaan baik dari luar maupun dari dalam negeri. Contoh softwarenya diantaranya : MIRC, IRC, Yahoo Massenger, dll. Chatting jg dapat dilakukan melalui situs internet, email, Newgroup.

MIRC

mIRC merupakan (salah satu) perangkat lunak untuk Internet Relay Chat atau chatting secara online yang (dapat ber)jalan di atas sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 yang telah dibuat oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) (=ngobrol=bercakap-cakap=berbicara) antar sesama pengguna mIRC diseluruh dunia. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, terbukti setelah perangkat lunak ini di download sebanyak 9,129,578 kali dari servis CNET pada Oktober 2007. Nielsen-Net[1] memasukan mIRC ke dalam daftarnya sebagai “10 terbaik applikasi internet” pada tahun 2003.
Dengan tersedianya script (skripsi), para pengguna bisa mengatur cara bekerja mIRC sebebas-bebasnya.
Huruf ‘m’ dalam singkatan mIRC belum diketahui pasti, tetapi dalam FAQ (Pertanyaan yang sering ditanyakan) dalam FORUM mIRC, pihak mIRC mengatakan ‘m’ adalah singkatan dari “Moo
Nah loh.. itu dia pengertian simple mengenai mIRC , yg sumbernya dari Wikipedia.Org. (hehe..gapa2 khan dapet nyontek? Hidup Copy-paste!!!) yang sampai sekarang tetap jadi media chating yang cukup banyak penggemarnya. Meskipun tampilannya rada-rada jadul dan sederhana, tidak seperti YM (baca=Yahoo Messenger, ICQ, dll..)

Menjalankan MIRC
1. Double click (klik 2 kali) pd icon MIRC yg berada di Desktop (tampilan pertama windows)
2. akan tampil di layar author pengarang, click
continue.
3. isi kotak login Mirc sbb :


















4. klik Conect to IRC Server
5. tunggu proses sedang menghubungkan server. (Lihat gambar dibawah)














6. Bila di layar tampil spt gambar dibawah, maka proses coneksi on (terhubung) sudah dapat menggunakan mirc.





















7. ketik pd kotak enter name of channel to join, misalnya ketik channel Jakarta enter
8. sekarang anda dapat memilih nick sesorang yg ada di Jakarta, dgn double click pd namanya, selanjutnya tulis pesan pertama, misalnya hi, hallo, dst.
9.Proses selesai.

Berchatting di channel Jakarta.
Channel selain jakarta masih banyak, spt channel #bawel, #bandung, #surabaya, #Depok, dll

Tampilan channel #jakarta yang telah connect (terhubung) :
pada channel Jakarta akan banyak terdapat nama-nama (nick) orang yg msk pada channel
tersebut yg akan melakukan chatting.

1. pada contoh dibawah, kami memilih nick cewek manizzz dgn double click di nicknya.












2. ketik pada dikotak chatting dibagian bawah, spt hi, lalu di enter. lalu cari lagi nick yg akan kita
ajak chatting. (boleh banyak).














3. Bila nick berwarna merah, berarti nick tersebut menjawab (membalas) kiriman teks yg
kita masukan tadi. Andai kita buka, maka kita langsung dapat berhubungan dan menulis
obrolan sesuka kita.
Ingat.... dalam chatting tidak boleh menggunakan huruf kapital,karena huruf kapital berarti
berteriakkk!!!.

contoh tampilan obrolan singkat yg kami praktekan. Dalam chatting boleh menggunakan'
kalimat singkat bahasa indonesia maupun bahasa inggir. contoh asl plz = age sex place
please artinya menyanyakan umur,jenis kelamin, dan tempat tinggal.
u1=you first artinya kamu yg pertama ngisi. dll.
















Keterangan :Full Name:
Harusnya, diisi dengan nama lengkap kita, tapi…boleh ngarang, ko.. terserah kita, mo jujur atau gak jujur. Terserah. Up 2 u…
atau.. kosongkan aja, kalo bisa mah…
Sttt… lagian..yang chatting di IRC, kebanyakan pembohong… jangan bilang-bilang yee….

Email Address:
Harusnya, diisi dengan alamat email kita.
Tapi… boleh juga ngarang, ko, misalnya… isi saja dengan: email@boongan.com
Nickname:
Ini nama samaran atau alias kita di dunia chatting.
Jadi, ya… suka-suka kamu, lah mo pake nama apa… yang penting pas diketik dan dipake, diizinkan oleh mIRC.
Alternative:
Boleh diisi atau tidak, kalo mau, isi saja dengan nickname lainnya. atau… kosongkan aja…
Server:
Ini yang menentukan, lewat server mana kita menghubungkan diri dengan mIRC.
Dalam contoh, pilih saja Dalnet Random Server, yang kenyataannya, banyak dipake orang lain juga.
Sebab kalo salah Server, bisa-bisa kita cuma chatting sendirian! Ngapain? Gak Setu!
Server bisa di pilih di jendela kecil di sebelah kiri. Klik aja server. Terus pilih, misalnya Dalnet Random Server.
Setelah yakin semuanya terisi sesuai kebutuhan…..
KLIK CONNECT TO SERVER.

Chatting dengan Yahoo Massenger.


Ada banyak cara (sebenarnya, cuma 4) untuk memulai chatting dengan siapa pun kontak Yahoo! Anda.

1. Dari link # Online di samping Kontak (misalnya: 2 Online)

Di samping kiri halaman Surat Anda, temukan Kontak. Di sebelah kanan Kontak, Anda akan melihat angka – misalnya, 2 Online. Ini memberitahukan bahwa ada dua kontak Anda yang sedang online. Klik di sana untuk melihat siapa mereka. Untuk mulai chatting, klik saja pada namanya dalam daftar. Tab Percakapan terbuka di jendela Surat Anda dan di jendela surat mereka. Itu saja – percakapan bisa langsung dimulai!

2. Dari tombol Tulis pada menu buka bawah yang baru (atau pintasan lewat tombol papan ketik “c”!)

Klik panah bawah di ujung kanan tombol Tulis lalu pilih Chat (atau, untuk lebih cepat (dan mulus) ketik saja “c”). Selanjutnya, pada tab percakapan yang terbuka, masukkan kontak Yahoo! yang ingin Anda ajak chatting – dan silakan mengobrol!

3. Sewaktu menulis email

Jika kontak sedang online saat Anda mulai mengeti alamat email-nya, Address AutoComplete akan mencatumkan namanya dua kali: satu kali untuk menyelesaikan secara otomatis pada bari "Kpd:" (dan menulis email), dan satu kali lagi di bawah judul "Online". Chat sekarang!" Untuk mulai chatting dengan mereka alih-alih menulis email, klik saja nama mereka di bawah “Online. Chat sekarang!"

Jika Anda tengah menulis email kemudian memutuskan untuk chatting, klik saja Chat pada toolbar untuk mengubah yang baru saja Anda tulis menjadi lemparan percakapan awal.

Bagaimana kalau kontak muncul online saat Anda sedang menulis email kepadanya? Yahoo! Mail mengedipkan peringatan di Strip Kalender di bagian bawah jendela Surat untuk memberitahu Anda bahwa kontak sekarang online. Tertarik? Jika tertarik, klik Chat Sekarang untuk mulai chatting dengan mereka.

Catatan: Jika pesan yang sudah Anda tulis kurang dari 2K (sekitar 100 kata), Yahoo! Mail mengkonversikannya menjadi komentar pertama percakapan Anda. Jika lebih dari 2k, Anda akan menerima pesan “Batas Teks Terlampaui”. Dalam dialog ini, Anda dapat mengedit (memendekkan) teks agar muat ke dalam percakapan, atau klik Batalkan, Saya Tetap Menggunakan Email.

4. Dari tab Kontak

Klik Kontak di samping kiri halaman Surat Anda, dan Anda akan membuka daftar semua kontak Anda. Kontak yang menggunakan Yahoo! Mail atau Yahoo! Messenger akan memiliki ikon wajah smiley di samping namanya. Jika wajahnya abu-abu dan tidur, artinya kontak sedang offline. Tetapi, jika wajah tampak kuning dan tersenyum, artinya mereka sedang online dan bisa diajak chatting! Untuk memulai, klik sekali pada namanya dalam daftar. Rincian mereka muncul di panel sebelah kanan. Sekarang, klik ikon wajah smiley di sana, dan hore! Tab percakapan terbuka untuk memulai chatting..

Pertanyaan Tugas:
1. Apa yg dimaksud dgn chatting ?
2. Sebutkan software chatting !
3. Uraikan langkah2 chatting menggunakan Mirc!
4. Dalam chatting ada istilah gtg, asl plz, u1, u2. Apa maksud dan singkatannya
5. Apa itu Nick name?
6. Apa itu channel ?
7. Sebutkan nama server chatting di Mirc !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar