SELAMAT DATANG DI AYO BELAJAR ....OLEH MAD SOHEH ?

ayo belajar: Menyambung Internet

Sabtu, 21 November 2009

Menyambung Internet

MENYAMBUNG INTERNET

Syarat menyambung internet
Syarat menyambung internet kita harus memiliki :
1.Komputer/laptop,
2.Modem,
3.Telepon line
4.dan mendaftar ke ISP (Internet Service Provider =penyedia jasa layanan internet).
Cara tersebut diatas dinamakan koneksi melalui Dial-Up.

Pada saat ini internet bukan saja menggunakan media komputer, tapi sudah banyak menggunakan telepon genggam (HP) yang koneksinya tidak menggunakan kabel telepon, yakni melalui gelombang elektromagnetik berupa GPRS (General Packet Radio Service) atau GSM, cara mengakses internet juga dapat menggunakan wireless (jaringan tanpa kabel), gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk pengiriman data atau WIFI Wireless Fidelity) biasanya laptop dan PDA sudah bisa digunakan pada wifi, melaui 3G (Three G) yakni teknologi komunikasi generasi ke tiga(Third Generation) yang memungkinkan berkomunikasi tanpa kabel berkecepatan tinggi, melalui jaringan TV kabel (DOCSIS system), melalui teknologi ADSL (Asymetrical Digital SUbsriber), melaui jaringan LAN, dan lain sebagainya.


Modem
Modem singkatan dari Modulator Demodulator yang fungsinya untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga data dari komputer dapat dikirim melaui saluran telepon atau saluran lainnya. Data yang diterima modem akan diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan ke komputer. Modem terbagi menjadi dua, yakni modem internal dan modem eksternal.












ISP

Dalam memilih jasa layanan internet atau dikenal dengan ISP (Internet Service Provider), kita perlu memperhatikan apakah ISP tersebut akan kita gunakan untuk perorangan (pribadi) atau lembaga berupa perusaaan atau warnet. Selanjutnya kita dapat menentukan penggunaan ISP itu yang dapat menguntungkan bagi kita.
Daftar ISP diantaranya : Radnet, telkomnet@instan, telkomSpeedy, telnet, meganet, pacific link, centrin internet, signet, dan masih banyak lagi perusahaan yang menyediakan layanan internet.

MENYAMBUNG INTERNET DENGAN TELKOMNET INSTAN

Telkomnet Instan adalah salah satu jenis layanan dari PT. Telkom Indonesia dalam hal koneksi sambungan internet. Telkomnet instan dapat digunakan oleh seluruh pengguna telepon telkom baik telepon tetap rumah maupun telepon nirkabel telkom flexi cdma. Kecepatan maksimum telkomnet instan adalah 56 kbps / kilo byte per detik.

Untuk menikmati layanan mudah, cepat dan hemat ini ada beberapa persyaratan yang musti anda penuhi terlebih dahulu, yaitu :
1. Komputer PC atau Laptop yang masih berfungsi dengan baik
2. Modem dial up untuk jack kabel telepon biasa internal maupun eksternal. Jangan
lupa dengan driver modem jika diperlukan.
3. Kabel sambungan telepon telkom yang nomernya masih aktif
4. Setting dasar untuk koneksi ke server telkomnet instan

Jika semua syarat telah bisa anda penuhi maka seting pada internet connection di control panel untuk konek ke telkomnet instan adalah sebagai berikut :
- Nomor Akses : 0809 8 9999
- User name : telkomnet@instan
- Password : telkom

Setelah setting anda bisa konek ke internet dengan membuka kotak dialog internet connection lalu tekan tombol connect. Nanti otomatis komputer kita akan konek ke telkom dan jika berhasil maka akan ada tampilah perhitungan waktu koneksi dan tombol disconnect untuk memutus hubungan internet.

Untuk mengetahui apakah daerah wilayah sekitar anda sudah dapat menikmati telkomnet instant anda dapat menghubungi atau menelpon nomor 080989999 dari pesawat telepon anda. Jika ada bunyi modem / fax maka berarti daerah anda sudah bisa menikmati akses internet mudah, capat, tapi koneksi belum tentu terjamin.
Untuk akses internet yang lebih cepat anda bisa menggunakan sambungan telkom speedy adsl yang lebih cepat dengan biaya bulanan bandwidth dibatasi.

Pertanyaan :

nomor absen Ganjil :
  1. Uraikan langkah2 dalam menyambung internet secara dial-up!
  2. Apa Kepanjangan dari ISP dan apa singkatannya !
  3. Selain menggunakan dial-up untuk menyambung ke internet, melalui apa lagi cara menyambung internet ? sebutkan !
  4. Sebutkan 4 ISP yang ada di Indonesia !
  5. Apa itu Modem ?
Nomor Absen Genap :
  1. Apa perbedaan antara connect dengan disconnect !
  2. Apa kode akses untuk telkomnet Instan ? dan apa nama username serta passwordnya !
  3. Lebih cepat telkomnet@instan atau Speedy dalam hal pengaksesan internet? beri alasannya!
  4. Apa kepanjangan dari : Modem, ISP, ADSL, Internet, LAN, GPRS, dan 3G!
  5. Uraikan persyaratan dalam menyambung internet dengan telkomnet instan !
Jawaban dikirim melalui email.




1 komentar: